Cerita Sejarah

Nararryya Kirana Sang Ratu Nagara Lamajang



Nama Nararryya Kirana tercantum dalam prasasti Mula Malurung ketika beliau ditasbihkan sebagai Juru di Nagara Lamajang,  Prasasti Mula Malurung menyebutkan  pada lempeng VIIa baris 1-3 yaitu :
"siro nararyya kirana saksat atmadja nira nararyya sminingrat pinratista juru lamajang, pinasangaken jagat palaka, ngkaning nagara lamajang"
Artinya :
Beliau Nararyya Kirana semata-mata putra beliau Nararyya Sminingrat, ditetapkan sebagai juru di Lamajang, dipasangkan menjadi pelindung dunia Di Negara Lamajang.


Prasasti Mula Malurung yang dibuat masa Raja Nararyya Seminingrat atau Raja Wisnuwardhana  penguasa Kerajaan Singhasari berangka tahun 1255 Masehi.

Dari Isi Prasasti Mula Malurung dikatakan tentang kedudukan Lamajang sebagi Kerajaan Vasal atau bawahan dari Kerajaan Singhasari.Menurut  Nurhadi Rangkuti dalam birokrasi pemerintahan masa jawa Kuna yaitu sebagai Negara Vasal Kerajaan Singasari  yang dipimpin oleh pejabat setingkat Juru, dalam hal ini dijabat oleh putera atau saudara misan raja Sminingrat. Karena sifat Nagara Lamajang merupakan Kerajaan vasal berarti kekuasaannya tidak mutlak, tetapi dalam perkembangan kerajaan keputusan dan perintah berada pada kerajaan induk yaitu Singhasari (Nurhadi Rangkuti 2003; 32).  


Juru dalam penafsirannya dapat diperkirakan sebagai raja pengawas atau kalau sekarang setingkat dengan pemerintahan daerah. Tetapi wewenang pada kekuasaan Singhasari atau sistem pemerintahan  bersifat Sentralisasi.

Pemerintahan Nararryya Kirana diperkirakan tidak berlangsung lama, karena wilayah Lamajang saat itu sering terjadi bencana lama terutama aktifnya Gunung Semeru. terbukti dengan keruntuhasn Candi Gedong Putri yang dsebabkan banjir lahar Gunung Semeru.

Mengapa  Nararryya Kirana yang ditasbihkan sebagai Juru di Lamajang?

Lamajang adalah wilayah yang subur dan merupakan daerah penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan bagi Kerajaan Singhasari, Nararryya Kirana diangkat menjadi Juru  untuk mengembangkan komoditas pertanian di Lamajang, tetapi Gunung Semeru yang selalu aktif dan sering terjadi bencana banjir, sehingga kekuasaan diambil alih oleh Singhasari kembali.


Kekuasaan Nararryya Kirana yang tidak lama tersebut tidak pernah ditulis dalam prasasti atau kesusateraan, tetapi dari bukti bangunan candi Gedong Putri dan Lingga Yoni Altar Naga dapat diidentifikasikan wilayah tersebut sebagai bukti kawasan pemukiman yang lengkap dari  hunian sampai tempat pemujaan, kemudian temuan  lorong yang disebut masyarakat  sekitar sebagai Goa Maling aguno diperkirakan tempat pelarian atau penyelamatan dari bencana ke tempat yang lebih aman.

Bukti tertulis tentang Nararryya Kirana tidak banyak, sehingga tidak dapat diceritakan secara lengkap. Banyak tafsiran tentang Nararryya Kirana, dari pola pemerintahan bahkan jenis kelaminnya sampai sekarang.(AP2014).
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Museum Daerah Kabupaten Lumajang

Prasasti Lumajang

Relief Gana