Museum Daerah Kabupaten Lumajang




Setiap Jengkal di Kabupaten Lumajang adalah Situs dibuktikan setiap wilayah di Kabupaten Lumajang terdapat peninggalan sejarah dan budaya. Peninggalan Sejarah berasal dari peninggalan masa Prasejarah sampai masa Kolonialisme (masa pendudukan Belanda hingga Jepang di Indonesia). Serta Budaya yang berkembang pada masa Prasejarah hingga masa Islam yang masih dilakukan oleh masyarakat terutama masyarakat di pelosok desa, budaya yang berkembang dari seni tari, seni rupa dan adat istiadat di Kabupaten Lumajang.

Keberadaan Peninggalan Sejarah dan Budaya inilah yang perlu diabadikan dalam suatu bentuk display pertunjukan yang dibuat dalam suatu wadah yang berbentuk Museum. Museum adalah lembaga untuk penyimpanan, pemeliharaan, perawatan, pengamanan dan pemanfaatan benda-benda materiil hasil budaya manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya bangsa. 


Museum Lumajang adalah lembaga tempat penyimpanan, perawatan, pengamanan, dan pemanfaatan bukti-bukti materiil hasil budaya, manusia serta alam dan lingkungannya guna menunjang upaya perlindungan dan pelestarian kekayaan budaya daerah. Selain definisi tersebut Museum Daerah Kabupaten Lumajang mempunyai Misi sebagai pusat pendidikan, pusat pembelajaran, pusat penelitian, sebagai penyedia jaringan informasi dan pusat rekreasi sebagai penghayatan nila-nilai keindahan, konsep tersebut menunjukkan cita-cita Museum Lumajang sebagai pusat informasi dan perkembangan Kebudayaan Daerah merupakan kekayaan lokal yang menunjang kebudayaan bangsa.
   
Hal ini yang mendasari Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Lumajang mendirikan Museum Daerah Kabupaten Lumajang yang dibuka oleh Bapak Bupati Lumajang Drs.H. As`at Malik. MAg  pada tanggal 24 Agustus 2015 disertai pameran bersama 5 Museum anggota Assosiasi Museum Indonesia Daerah Jawa Timur yaitu Museum Negeri Mpu Tantular Propinsi Jawa Timur, Museum Monumen Tugu Pahlawan 10 November Surabaya. Museum Probolinggo, Museum Cakraningrat Bangkalan, Museum Malang Tempo Doeloe. Lokasi Museum di Kawasan Wonorejo Terpadu sebelah Selatan Terminal Menak Koncar Lumajang.



1.Visi.

“Museum Sebagai Bukti Perkembangan Peradaban dan Identitas Diri Bagi Masyarakat Lumajang”.
2.Misi.

a.melestarian Cagar Budaya Kabupaten Lumajang.

b.memberikan Edukasi Dan Rekreasi Budaya.

c.merupakan Informasi dan Ilmu Pengetahuan Sejarah dan Budaya

  Lumajang.


Ruang Pamer Museum.

A.Ruang Purbakala.
  


Ruang Purbakala Memamerkan Koleksi Prasejarah, Koleksi Klasik (Koleksi dari Masa Hindu – Buddha), Koleksi Naskah Kuno, Koleksi Senjata, Koleksi Numismatik (Mata Uang Kuno) dan Koleksi Kolonial. Serta terdapat koleksi lain dan koleksi Replika. 



    
B.Ruang Seni Dan Budaya. 
Ruang Seni Budaya terdiri dari Koleksi Alat Musik Tradisional yang berkembang di Lumajang yaitu Musik Danglung, Koleksi Seni Tari Glipang, Koleksi Seni Tari Topeng Kaliwungu,Koleksi Tari Jaran Slining, Koleksi Kesenian Jaran Kencak, Pakaian pengantin Adat Lumajangan, Pakaian Adat lumajangan, Wayang Krucil dan Batik Cantingan Lumajangan yang dicanangkan tahun  2012.







Baru sebulan dibuka animo masyarakat sangat luar biasa, ini terbukti bahwa masyarakat Lumajang selama ini merindukan dan haus akan informasi dan pengetahuan tentang sejarah dan budaya yang berkembang di Kabupaten Lumajang. Bahkan para pelajar sangat antusias untuk belajar bersama di Museum karena museum juga merupakan media edukasi yang terbuka yang memberikan mereka apresiasi, sehingga mereka dapat belajar dengan mudah. 

 Info Museum

Apabila masyarakat Lumajang atau di luar Lumajang akan berkunjung secara berkolompok atau rombongan dapat menghubungi melalui telpon 0334 - 8795664. Masuk Ke Museum tidak dipungut biaya alias gratis. Yang ingin tahu cagar budaya Lumajang ayo datang ke Museum Kabupaten Lumajang...Kami tunggu  (AP)






 

 

Komentar

  1. Saya rasa agar keberadaan Museum Lumajang dapat menjalankan fungsi, misi, dan tujuannya, maka para stakeholder harus berkolaborasi saling mendukung secara optimal. Selamat dan Sukses Museum Lumajang (Putra daerah: Dr.Muh Usman,MM.)

    BalasHapus
  2. Terima Kasih Bapak Dr.Muh Usman, MM atas sarannya kami berusaha setiap tahunnya membetikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Selain itu program2x yang kami lakukan pun mengajaak masyarakat Lumajang untuk berperan serta. Semoga Bapak Muh Usman dapat berkunjung ke Museum Daerah Kabupaten Lumajang

    BalasHapus
  3. Sama-sama bu Aries. Insyaallah kalo ada kesempatan saya berkunjung ke museum. Kepada bapak Bupati dan DPRD tentu harus memperhatikan alokasi anggaran untuk memajukan museum agar pihak manajemen museum dapat mewujudkan visi dan misinya. Sukses selalu.

    BalasHapus
  4. Siap Pak...Terima kasih atas saran yang bermanffat untuk kami

    BalasHapus
  5. Saya tertarik dg misi museum yg diantaranya sebagai media edukasi dan informasi. Maaf sebelumnya sy blm melihat keberadaan perpustakaan museum. Alangkah indahnya kalau blm ada diadakan, atau kalau sdh ada keberadaannya ditingkatkan.

    BalasHapus
  6. Kami sedang memulai pak mengenai perpustakaan Museum, bahkan mahasiswa dari UB, Univ. Jember, UNS Semarang dalam melakukan pendataan diarahkan ke Museum, untuk peningkatan Perpustakaan kami sedang berusaha mengembangkan.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, saya sabtu 2 April 2016 siang bisa berkunjung ke Museum Lumajang. Bagus bu penataan dan pengelolaan museum yang baru berdiri 2015. Rupanya pihak manajemen museum harus banyak bermimpi untuk memajukan museum. Demikian juga para stakeholdernya.

    BalasHapus
  8. Kami tidak pernah berhenti bermimpi pak...bahkan bisa dikatakan pny ide- ide gila untuk museum supaya masyarakat tertarik dan dpt berinteraksi dengan museum

    BalasHapus
  9. Bu Aries mudah2an program pengembangan museum jalan lancar dan semakin baik. Terus punya program apa lagi bu yg menarik.

    BalasHapus
  10. Bu Aries mudah2an program pengembangan museum jalan lancar dan semakin baik. Terus punya program apa lagi bu yg menarik.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kawasan Kandangan